Type Here to Get Search Results !

Modul Pembelajaran Guru Penggerak | Modul 3.2 - Mulai dari Diri | Tahun 2023

0

Modul 3.2 - Mulai dari diri 

1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.

Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Bagian yang ada  di sekolah saya adalah : guru yang mahir IT, murid, staff usaha, gedung, lapangan olahraga,aula,memiliki elearning yang isinya rapot digital,data murid pembelajaran siswa,ujian online.

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

SDM yang melimpah, karena di sekolah kami ada kurang lebih 62 guru, 3 staff karyawan, 687 siswa.

Budaya sekolah yang dijalankan : budaya sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah disekolah,bina kelas,berdoa sebelum masuk kelas,penyambutan dipagi hari dan polisi cilik yang bertugas untuk mencatat siswa yang terlambat datang kesekolah.

Sarana dan prasarana yang memadai 2 aula besar yang bisa digunakan untuk sholat berjamaah,lapangan yang luas, maupun sarana teknologi  IT program elearning (rapot digital,data murid pembelajaran siswa,ujian online).

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.

Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Bapak kepala sekolah kami adalah orang disiplin, orang yang memiliki visioner ke depan, selalu menekankan pemberian pelayanan yang maksimal kepada siswa (student center), memaksimalkan sumberdaya dan potensi yang ada, mengembangkan LMS (learning management sistem) dan selalu berusaha memberikan kesejahteraan kepada semua warga sekolah

4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang bisa  memanagemen sekolah dengan baik, bisa menjadi contoh bagi guru dan karyawannnya, mempunyai rasa empati yang tinggi, mempunyai visi dan misi yang jelas dengan mengedepankan kebersamaan. memiliki jiwa bertanggungjawab dan sifat mengayomi kepada anggotannya.

5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.

Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Saat ini saya sebagai wali kelas kelas 4 satu tahun kedepan saya akan mendampingi anak didik kami sampai ada pergantian wali kelas kedepannya. Saya berusaha melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa sesuai arahan yang diberikan oleh kepala sekolah kami. Untuk memahami kondisi siswa dilingkungan rumah kami mengadakan home visit untuk mengetahui kondisi siswa dirumah dan kondisi perekonomian anak didik kami. 

Selain itu setiap 3 bulan sekali kita mengadakan anjangsana yaitu pertemuan antara wali kelas dengan wali murid yang bertujuan untuk melaporkan pembelajaran siswa selama 3 bulan pembelajaran dan menyampaikan visi dan misi sekolah serta sarana promosi sekolah.

6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

a. Diri sendiri

Sebagai guru : dengan sumber daya yang saya miliki saya berusaha untuk selalu memberikan pelayanan  yang terbaik buat siswa-siswi kami, juga dapat menularkan ilmu yang saya punyai kepada mereka.

b. Murid

Merasa nyaman, aman dan  bahagia, dalam artian selama mereka menuntut ilmu di sekolah kita, segala potensi yang dimiliki oleh siswa-siswi kami dapat  kita maksimalkan, dapat kita tumuh kembangkan.

c. Sekolah

Bisa menjadi sekolah yang benar-benar dicintai dan diminati oleh warga masyarakat, sesuai dengan visi sekolah kami yaitu Membangun Peradaban Islam melalui Pendidikan Integral berbasis Tauhid yang menjadi rujukan umat.

7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

Dengan menyadari betapa banyak sumber daya yang dimiliki sekolah, tentu  banyak harapan yang ingin kami  capai setelah mempelajari modul ini. antara lain : 

• Kami berusaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sebagai suatu kekuatan dan aset.

• Kami dapat merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.

• Kami dapat memfasilitasi pelibatan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk peningkatan kualitas belajar murid.

• Kami dapat menggunakan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas belajar


Posting Komentar

0 Komentar