Type Here to Get Search Results !

Modul 3.2 Demonstrasi Kontekstual | Modul 3.2.a.4. Guru Penggerak | Eksplorasi Konsep - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1 | Tahun 2023

0

Konsep Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya Pembelajaran 2.1

Tentang bagaimana seorang pemimpin dapat memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Pemimpin harus mampu mengelola sumber daya secara efektif, termasuk sumber daya manusia, sumber daya materi, dan sumber daya waktu.

Seorang Guru Penggerak harus memiliki visi yang jelas tentang tujuan pendidikan dan mampu mengkomunikasikan visi tersebut kepada staf dan siswa. Selain itu, ia harus memiliki kemampuan untuk memotivasi staf dan siswa untuk mencapai tujuan tersebut. Guru Penggerak juga harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan individu dalam timnya dan mengembangkan kemampuan mereka.

Sebagai pemimpin dalam pengelolaan sumber daya pembelajaran, Guru Penggerak harus memiliki kemampuan untuk mengelola sumber daya materi dengan bijaksana dan efisien, termasuk mengembangkan rencana anggaran dan mengalokasikan dana untuk membeli sumber daya pembelajaran yang diperlukan. Selain itu, ia harus dapat mengelola waktu dengan efektif, memprioritaskan tugas dan mengorganisir jadwal yang padat.

Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, Guru Penggerak juga harus memahami kebutuhan dan harapan siswa dan orang tua, dan mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Ia harus mampu mengidentifikasi kelemahan dalam sistem pembelajaran dan mengimplementasikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertanyaan Pemantik

Sebelum melakukan telaah materi, CGP mempelajari terlebih dahulu pertanyaan pemantik berikut ini :

Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?

Jawaban :

Faktor Biotik meliputi : murid, guru, kepala sekolah, dan pengawas serta komite sekolah. sedangkan Faktor abiotik meliputi : sarana prasarana dan keuangan.

Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan?

Jawaban :

Kepala sekolah menjadi manager yang aktif dan efektif dalam mengelola keberlangsungan sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mampu menginventarisasi, mengelola dan menjamin keamanan aset sekolah dan bisa mengoptimalkan pemanfaatannya demi kepentingan murid dan sekolah.

Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?

Jawaban :

Kepala sekolah sebagai motivator, pengelola aset, manager dan penumbuh karakter warga sekolah.

Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?

Jawaban :

Kepala sekolah Mampu memotivasi, mengelola sumber daya yang ada dan memaksimalkan potensi, memanage, dan berusaha memahami karakter setiap warga sekolah.

Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini?. Jelaskan!

Jawaban :

Dampak fasilitas yang dimiliki sekolah adalah untuk menunjang program pusat sumber belajar agar kegiatan berjalan efisien, meningkatkan perhatian dan interaksi sesuai kemampan minat siswa, membuat siswa rajin dan tekun sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran sekolah.

Seberapa efektif sumber daya sekolah yang kita miliki dalam mendukung kualitas pembelajaran di sekolah?. Jelaskan!

Jawaban :

Ketersediaan sumber daya sekolah merupakan salah satu faktor penunjang dalam pencapaian tujuan yang akan dicapai oleh sekolah. Sumber daya yang dimiliki akan memudahkan peserta didik untuk mendapatkan haknya dan sumber daya juga sangat besar pengaruhnya dalam mendukung kualitas pembelajaran di sekolah. Peserta didik akan lebih mudah menguasai suatu konsep dengan memanfaatkan sumber daya yang lengkap yang dimiliki sekolah.

Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?

Jawaban :

Dengan memaksimalkan keterlibatan masyarakat yang tinggi termasuk integritas dan komitmen serta dapat melibatkan alumni atau bermitra dalam pemenuhan kebutuhan aset sekolah.

Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?

Jawaban :

Sudah dengan cara melakukan pembelajaran yang melibatkan lingkungan sekitar maupun masyarakat diantaranya: melakukan kunjungan-kunjungan didaerah-daerah pertanian,kunjungan keperusahaan-perusahaan atau keinstansi-instansi yang ada disekitar sekolah.


Posting Komentar

0 Komentar